Cara Mengaktifkan mod_rewrite Apache di Ubuntu - Umar Fadil
News Update
Loading...

Friday 8 November 2013

Cara Mengaktifkan mod_rewrite Apache di Ubuntu

----YOU ADS---
----YOU ADS---
Alhamdulillah..... Baru saja selesai shalat jum'at. namun semangat buat ngeblog masih membara. kali ini saya akan sedikit share tentang "Cara Mengaktifkan mod_rewrite Apache di Ubuntu". Artikel ini bermula saat saya mengikuti suatu pelatihan pemrograman web yang dilaksanakan di Universitas Islam Madura. Pada waktu itu saya sedikit ada masalah pada program saya, (saya pale linux UBUNTU). Pada linux saya mod_rewrite di Apache nya masih belum aktif.

Fungsi mod_rewrite sendiri itu berfungsi mengubah permalink menjadi judul / title postingan kita.

Caranya, buka terminal (ctrl+alt-T) :
lalu ketikkan srtipt bertikut :

sudo a2enmod rewrite
sudo /etc/init.d/apache2 restart

kemudian edit file /etc/apache2/sites-available/default dan ganti AllowOverride None menjadi AllowOverride All,
Seperti contoh :

<Directory /var/www/>
Options Indexes FollowSymLinks MultiViews
AllowOverride All
Order allow,deny
allow from all
</Directory>

kemudian reboot komputer anda.


Untuk mengetahui apakan mod_rewrite aktif atau tidak dapat kita ketahui melalui phpinfo, caranya dengan mambuat file info.php pada /var/www, dan isi dengan


<?php phpinfo(); ?>


Save lalu buka browser dan lihat dengan mengetikkan:
localhost/info.php


pada apache2handler, bagian loaded modules cari mod_rewrite, jika sudah ada maka mod_rewrite sudah aktif.
Semoga bermanfaat... ----YOU ADS---
----YOU ADS---

Share with your friends

Give us your opinion

How To Use
  • Put the link on the
  • Generate Link box with http:// or https://
  • Use  CTRL + V  on keyboard to put the link.
  • Click Generate button to get encrypted link.
  • Click Copy URL button.
  • Done