Wisata Probolinggo : Air Terjun Makardipura - Umar Fadil
News Update
Loading...

Wednesday 21 May 2014

Wisata Probolinggo : Air Terjun Makardipura

----YOU ADS---
----YOU ADS---
Di Probolinggo memang banyak tempat wisata yang bisa kita kunjungi, tempat wisata dengan sejuta keindahannya yang akan memukau mata dan hati kita untuk legi-lagi mengunjungi tempat tersebut. Misalnya Gunung Bromo, Regulo Rafting dan Songa Rafting di dekat rumah saya, dan juga ke Bermi Mini Land.

Kawasan wisata lain yang tak kalah menariknya lagi yaitu adalah Air Terjun Makardipura, berlokasikan tak jauh dari hamparan pasir Gunung Bromo sekitar 15 menit untuk mencapai tempat tersebut. Konon katanya mengapa dimanai Air Terjun Makardipura karena Patih Gajah Mada menghabiskan akhir hayatnya dengan bertapa di air terjun ini. Patung Gajah Mada yang ada di kolasi parkir tempat wisata ini semakin memperkuat cerita lama ini.

Untuk mencapai tempat ini tidaklah sulit, dapat menggunakan kendara pribadi atau mobil sewaan. Jika kita dari arah probolinggo kita menuju ke Desa Sukapura lalu belok kanan, kita melewati jalan aspal dengan sejuta keindahan yang disuguhkan kepada kita di sisi kanan dan kiri. Setelah lima belas menit perjalanan maka kita akan sampai di pintu masuk wisata Air Terjun Makardipura ini. Biasanya disini banyak penduduk-penduduk lokal yang menawarkan diri untuk menjadi "Tour Guide" yang akan menemani perjalanan kita ke Air Terjun Makardipura sambil menceritakan sejarahnya.


Dari parkiran kita harus melakukan perjalanan melewati jalan setapak sebelum kita menuju ke Air Terjun Makardipura, saat dalam perjalanan kita akan disuguhkan pemandangan yang menyejukkan, di kanan dan kiri kita tebing tiggi dengan pepohonan yang lebat dengan kicauan burung dan derikan kumbang yang berirama merdu, jalan ini memang relatif datar dan mudah dilalui namun cukup melelahkan juga. Terkadang di beberapa bagian jalan kita akan sedikit terhalangi oleh pohon yang tumbang atau longsoran tanah.

Setibanya di lokasi air terjun kita akan menjumpai pos penjaga dan warung kecil untuk kita membeli makanan, minukan atau snack yang akan menemani wisata kita, jika kita tak ingin terlalu basah kuyub kita bisa menyewa payung dari penduduk sekitar. Setelah kita ganti baju selanjutnya kita menuju ke air terjun. Air terjun ini dimulai dari air yang mengalir dari tebing yang penjang membentuk tirai dan kita dapat bermain dibawahnya, dan di ujung perjalanan kita, kita akan bertemu dengan sebuah ruangan melingkar dengan diameter kira-kira 25 meter.

Di dalam ruangan melingkar ini kita bak berada didalam sebuah botol dimana air terjun mengalir dari ketinggian sekitar 200 meter, suara khas air terjun itu menimbulkan irama yang cukup keras dan  air yang jatuh itu pun mengalir ke kolam berwarna kehijauan. Sejuk, dingin, dan indah, itulah kata yang selalu muncul jika kita berada di Air Terjun Makardipura ini dan membuat kita betah berlama-lama di tempat yang indah in i.

Setelah puas kita bermain air di bawah air terjun yang membuat kita kedinginan, kita bisa menikmati minuman hangad dari warung kecil yang ada di dekat lokasi air terjun. Tempat ini sangt bagus, dan pengelolaannya junga cukup bagus, bersih dan sejuk, namun karena kurangnya informasi mengenai tempat wisata ini menyebabkan masih tidak banyak orang yang berkunjung ke tempat wisata eksotis ini.

Namun saya yakn dengan promosi  yang cukup, lama-lama pengunjung akan benyak berdatangan ke tempat wisata ini, dan pengunjung Gunung Bromo dapat menambah daftar wisatanya. ----YOU ADS---
----YOU ADS---

Share with your friends

Give us your opinion

How To Use
  • Put the link on the
  • Generate Link box with http:// or https://
  • Use  CTRL + V  on keyboard to put the link.
  • Click Generate button to get encrypted link.
  • Click Copy URL button.
  • Done