Cara Mengembalikan GRUB yang Hilang - Umar Fadil
News Update
Loading...

Thursday 18 April 2013

Cara Mengembalikan GRUB yang Hilang

----YOU ADS---
----YOU ADS---
Alhamdulillah di petang ini saya masih sempat posting, kali ini saya akan posting tentang Cara Mengembalikan GRUB yang Hilang, ini bermula pada saat teman saya menyuruh saya untuk menginstall ulang Laptopnya yang dual boot Linux dengan Mikocok.

Pada setelah di install ternyata boot loader Linuxnya hilang tertimpa Mikocok_nya tersebut, dan saya berniat untuk mengembalikannya. setelah bertanya-tanya ke teman-teman sambil surfing di internet akhirnya saya menemukan solusinya.

OK Langsung saja

  • Booting Linux manggunakan live CD / Live USB dan pastikan partsikan partisi Linux anda masih ada, alias belum terformat oleh windows
  • mounting partisi linuxdx tersebut. biar mudah mounting saja pake Nautilus File Manager.
  • Catatlah label partisi yang anda mounting tersebut, biasanya ada di /media. bisa sibuka  melalui terminal dengan mengetikkan "ls /media".
  • Maasih didalam terminal, Installlah GRUB dengan perintah berikut :
sudo grub-install --root-directory=/media/XXXXXXXX /devsda
Ganti "XXXXXXX" denganlabel partisi yang anda mount tadi.
  • Jika tidak ada kesalahan, reboot komputer anda. GRUB yang hilang akan dan sudah anda install tadi pastinya akan kembali.

  • Jika setelah GRUB di install ulang, namun anda masih belum bisa memasuki OS Windows, maka lakukan update GRUB dengan mengetikkan perintah berikut
sudo update-grub
Tapi updatenya bukan pake Live CD/USB lagi ya.... 

Sekian dulu dari saya, semoga bermanfaat,
Salam Go Open Source....


----YOU ADS---
----YOU ADS---

Share with your friends

3 comments

How To Use
  • Put the link on the
  • Generate Link box with http:// or https://
  • Use  CTRL + V  on keyboard to put the link.
  • Click Generate button to get encrypted link.
  • Click Copy URL button.
  • Done