4 tempat wisata di pamekasan - Umar Fadil
News Update
Loading...

Wednesday 28 May 2014

4 tempat wisata di pamekasan

----YOU ADS---
----YOU ADS---
Pamekasan adalah sebuah kota di bagian timur Madura setelah Bangkalan dan Sampang. Pamekasan mempunyai banyak spot wisata yang bisa dikunjungi jika kebetulan kita berkunjung ke Kabupapten Pamekasan. Namun pada posting kali ini saya akan sedikit share tentang beberapa wisata yang bisa dikunjungi ketika melakukan trip ke Pamekasan.

Api Tak Kunjung Padam

Api tak kunjung padam atau orang Pamekasan menyebutnya dengan Api Alam adalah spot wisata yang akan kita bahas pertama. Api Tak Kunjung Padam bertempat di Desa Larangan Tokol, Kecamatan Tlanakan.
Ketika pertama sampai di tempat wisata Api Tak Kunjung Padam kita akan dibuat terkejut dengan munculnya api dari bawah tanah yang tidak pernah padam, walau diguyur hujan sekalipun, malah jika diguyur hujan api semakin membara.

Keberadaan Api Tak Kunjung Padam sering dikaitkan dengan cerita dahulu yang melegenda yaitu Ki Moko yang sakti mandraguna di madura yang ingi mempersunting putri Palembang dengan mas kawin seekor ikan sejenis lele yang ia dapatkan dari sungai timur. Terjadilah keajaiban ketika pesta pernikahan berlangsung dimana mata ikan yang Ki Moko tangkap berubah menjadi mutiara. Pesta tersebut berlangsung bibawah pohon Palembang dalam keadaan gelap. Mengetahui keadaannya gelap lalu Ki Moko menancapkan tongkatnya ke tanah sehingga muncul titik api yang sampai saat ini tidak pernah padam.

Selain menikmati keindahan Api Tak Kunjung Padam, pengunjung dapat juga membeli cenderamata, mulai dari batik, aksesoris, petis, jagung bakar yang kita bisa membakarnya sendiri di Api Tak Kunjung Padam, sampai aneka camilan khas Madura.

Pantai Jumiang

Tempat wisata yang kedua yaitu Pantai Jumiang yang berada di sebelah tenggara Pamekasan. Pantai Jumiang nan indah itu terletak di Desa Tanjung Kecamatan Pademawu Kabupaten Pamekasan berjarak sekitar 12 Km arah tenggara dari Kota Pamekasan, dengan akses yalan yang mulus, sudah diaspal semuanya semakin memudahkan pengunjung untuk mengunjungi tempat wisata Pantai Jumiang ini.

Di sepanjang jalan menuju lokasi Pantai Jumiang kita akan disuguhi pemandangan tambak garam yang menjadi ikon Madura sebagai Pulau Garam dan nuansa yang beda dari pantai ini, karena Pantai Jumiang berbeda dari pantai-pantai lainnya. Pantai Jumiang berada di dataran tinggi dan bertebing. Namun ini menjadi keindahan tersediri untuk Pantai Jumiang, terbukti pantai ini sangat digemari oleh muda-mudi yang ignin melewatkan waktunya dengan sahabat mereka, dengan kekasih mereka untuk mengabadikan setiap momen mereka berssama Pantai Jumiang ini.

Pantai Talang Siring

Selain Pantai Jumiang ada juga wisata pantai di pamekasan yang tidak kalah indahnya dan juga masih sangat alami, Pantai Talang Siring lah namanya. Bertempatkan di Desa Montok, Kecamatan Larangan, Kabupaten Pamekasan sekitar 14 Km dari pusat Kota Pamekasan.

Untuk mencapai lokasi wisata Pantai Talang Siring tidaklah sulit, karena lokasi wisata ini berada di pinggir jalan lintas transportasi Pamekasan-Sumenep. Untuk ke Pantai Talang Siring kita bisa menggunakan kendaraan umum misalnya Bus, atau bagi muda-mudi menggunakan motor. Namun jika anda masih kurang faham mengenai lokasi wisata ini atau pun takut terlewat bisa juga dengan menyewa kendaraan mobil.

Keindahahan Pantai Talang Siring sangatlah terasa dikala ombak yang begitu besar ketika air sedang pasang menghempas batuan karang yang ada di sekitar pantai tersebut. Tidak hanya itu di sisi kanan pantai ini anda juga bisa menikmati hutan mangrove yang sangat hijau. Kegiatan para nelayan yang sedang memerbaiki jaring mereka di pinggir pantai juga dapat menambah eksotika wisata Pantai Talang Siring ini.

Beragam kegiatan bisa kita lakukan disini, mulai berfoto ria dengan background pantai nan indah, melihat aktifitas nelayan, berenang bisa asal hati-hati karena banyak batu-batuan karang, dan di pagi atau sore hari disaat air sedang surut kita bisa berburu kepiting, rajungan dan kerang yang banyak tersebar di bibir pantai.

Sekian dulu sharing tentang 4 tempat wisata yang bisa anda kunjungi ketika berkunjung ke Kabupaten Pamekasan.

Pasarean Batu Ampar

Terlepas dari wisata pantai dan wisata alamnya, Pamekasan juga mempunyai wisata religi loh... yaitu Pasarean Batu Ampar. Lokasi wisata religi ini berada di Desa Pangbatok, Kecamatan Proppo, Kabupaten Pamekasan, Madura. sekitar 15 menit perjalanan dari kota Pamekasan, dan jika anda ingin ke Pasarean Batu Ampar melalui Sampang menempuh perjalanan sekitar satu jam perjalanan. Batu Ampar berasal dari Bahasa Madura yang berarti Bato (batu) dan Ampar (berserakan secara teratur), maksudnya batuan yang terhampar secara rapi dan teratur.

Pasarean Batu Ampar dikaitkan dengan cerita dahulu pada waktu KH. Abdullah beranjak dewasa, beliau di asuh oleh pamannya yang bernama KH. Abdul Rachman dan di pesantren kakeknya yang bernama KH. Khotib Sendang beliau belajar ilmu agama. Saat itu KH. Abdullah diajak sang Paman berangkat menuju Alas Raba Pamekasan untuk mengajarkan agama Islam atas dasar nasihat dari gurunya.

Pada saat mereka berangkat, Pamekasan pun mendapat musibah paceklik yang berkepanjangan. Sampai pada suatu malam Raja Pamekasan sendiri mendapat mimpi tentang keberadaan KH. Abdullah dan pamannya di Alas Raba Pamekasan dan karena mimpinya itu, keesokan harinya sang Raja pun bergegas menuju Alas Raba untuk mencari mereka berdua.

Setibanya disana sang Raja akhirnya terkejut saat bertemu dengan mereka, ternyata mimpinya saat itu benar. Atas dasar itulah akhirnya Raja memberi titah kepada patihnya untuk mendirikan sebuah rumah dan langgar yang nantinya akan di urus oleh KH. Abdullah dan Pamannya.

Setelah bangunan yang di perintahkan itu selesai dibuat, saat itulah hujan pun kembali turun yang akhirnya membuat bumi Pamekasan kembali subur dan terbebas dari masa paceklik. Semenjak itulah akhirnya banyak masyarakat Pamekasan yang datang kepada mereka untuk belajar agama. ----YOU ADS---
----YOU ADS---

Share with your friends

2 comments

  1. kapan2 bisa dong dianter ke berbagai tempat wisata di madura.. mungkin tulisan mengenai Keindahan Pantai Talang Siring di Pamekasan bisa menambah wawasan tretan.. ;)

    ReplyDelete

How To Use
  • Put the link on the
  • Generate Link box with http:// or https://
  • Use  CTRL + V  on keyboard to put the link.
  • Click Generate button to get encrypted link.
  • Click Copy URL button.
  • Done