Can Macannan, Barongsai Versi Madura - Umar Fadil
News Update
Loading...

Monday 23 June 2014

Can Macannan, Barongsai Versi Madura

----YOU ADS---
----YOU ADS---
Sumber : http://pesona-madura.blogspot.com/
Pernah ke China? atau Anda orang Indonesia tapi keturunan china? Perayaan Imlek di China atau di Indonesia biasanya diramaikan dengan penampilan barongsai. Sebuah Tarian singa yang dilakukan oleh dua orang, Satu menjadi kaki depan sekaligus kepala dan yang satunya menjadi bagian punggung dan kak belakang.

Lain di China, lain pula di Madura. Orang Madura juga punya barongsai namun barongsai versi Madura disebutnya "Can Macannan" atau Harimau Mainan dalam Bahasa Indonesianya.

Terbuat Karung yang dijahit menyerupai badan harimau, dan bulunya dari tali rafia yang dipotong kecil-kecil sekitar 15 cm dan dirobek-robek sehingga menjadi seperti bulu. Untuk Kepalanya terbuat dari kayu dengan ornamen khas Macan.
Can Macannan ini ketika melakukan pertunjukan dimainkan oleh 2 orang, satu jadi kepala dan kaki depan, sedangkan yang satunya lagi membungkuk menjadi punggung dan kaki belakang.

Can Macannan ini kalau dirumahku biasanya dipertunjukkan ketika ada acara seperti mantenan, atau acara Aretan Sapeh. Sedangkan saati ini Can Macannan ini sudah banyak dipertunjukkan ketika ada haflatul Imtihan di Sekolah ataupun Madrasah. Madrasah atau sekolah yang sedang haflatul Imtihan biasanya mengadakan Pawai/Karnaval yang megah, dengan dilengkapi dengan hiburan Drum Band, Ul-Daul yang biasanya disandingkan dengan Can-Macannan ini, dan sederetan becak yang dihias dengan hiasan yang beranekaragam dan bagus.

Entaha siapa yang menemukan Can Macannan ini, dan Entah berasal dari daerah mana can macannan ini. Namun sudah selayaknya kita melestarikan budaya ini. ----YOU ADS---
----YOU ADS---

Share with your friends

Give us your opinion

How To Use
  • Put the link on the
  • Generate Link box with http:// or https://
  • Use  CTRL + V  on keyboard to put the link.
  • Click Generate button to get encrypted link.
  • Click Copy URL button.
  • Done