3 Makanan Khas Kota Pamekasan - Umar Fadil
News Update
Loading...

Saturday 31 May 2014

3 Makanan Khas Kota Pamekasan

----YOU ADS---
----YOU ADS---
Kota Pamekasan tidak hanya terkenal di sektor pariwisatanya, Pamekasan juga mempunyai beberapa makanan khas yang bisa anda cicipi sekaligus buat oleh-oleh jika anda kebetulan berkunjung ke Kota Pamekasan.

Sate Lala'
Sumber gambar : kaskus.com

Panganan khas Pamekasan pertama adalah sate lala', Lala' itu merupakan bahasa madura dari Lalat. Pasti sudah terbayang kan gimana wujudnya? Eits jangan salah sangka dulu, sate lala' ini bukan sate yang terbuat dari lalat lho. Melainkan sate ini sama saja seperti sate-sate pada umumnya, namun hanya potongannya saja yang lebih kecil.

Tempat yang paling pas untuk menyantap sate lalat ini adalah di warung Pak Edi yang ada di kawasan Sae Salera Jl. Niaga Pamekasan. Pak Edi sendiri sudah berjualan sate lala' ini sudah sejak lama bahkan sebelum Kawasan Sae Salera itu didirikan. Dalam satu porsinya sate Pak Edy berjumlah 20 tusuk dengan harga yang terjangkau, hanya Rp. 8000 saja.

Kenikmatan sate lala' Pak Edy ini sudah tak diragukan lagi, sudah terkenal di Pamekasan. Karena perpaduan bumbu khas nya dan kualitas daging yang dibuat sate oleh Pak Edy sukses memanjakan  perut para pelanggannya.

Kripik Tette
Sumber gambar : http://www.produkmadura.com

Kripik tette ini merupakan singkong rebus yang ditumbuk dan ditipiskan, setelah itu singkong ini dijemur di bawah sinar matahari. Jika cuaca lagi bersahabat alias panasnya pas, maka proses penjemuran hanya satu hari saja, namun jika sering hujan proses penjemuran bisa mencapai empat hari sampain satu minggu lamanya.

Proses penggorengannya sangat mudah. Kripik tette ini cocok sekali jika di sandingkan dengan sambal dari petis atau pake sambal kacang yang pedas, yummy lah pastinya.... Apalagi dinikmatinya pada saat hujan turun, tambah yummy...

Untuk mendapatkan kripik tette ini di Pamekasan tidaklah terlalu sulit, karena hampir di semua pasar tradisional menjual kripik khas pamekasan ini. Atau bisa juga anda membeli langsung ke sentra pembuatan kripik tette ini, salah satunya di Desa Blumbungan, sebelah barat Pasar Blumbungan.

Krupuk Raksasa (Krupuk Tangguk)
Sumber gambar : krupuk-tangguk.blogspot.com

Krupuk raksasa? seberapa besar sih?
Pertanyan pertama mendengar kata krupuk raksasa ini memang demikian, namun memang betul karena besar krupuk raksasa ini bisa mencapai 2 x 2 meter. Kebayang kan lebarnya? Kalo saya maka krupuk segitu besarnya pasti seminggu gak makan-makan lagi.

Orang Pamekasan biasa memanggil krupuk raksasa ini dengan sebutan Krupuk Tangguk, tangguk dalam bahasa indonesia adalah "Caping". Asal mula kripik tangguk ini dulu orang Pamekasan biasa pergi ke Sawah menggunakan menggunakan caping dan membawa bekal krupuk tangguk itu, namun lama-kelamaan para petani menggunakan krupuk tanggung sebagai pengganti caping yang menaunginya pada saat pergi ke Sawah. Maka dari itu, krupuk jumbo ini dinamakan Krupuk Tangguk.

Krupuk tangguk ini bisa anda dapatkan di pasar tradisional Pamekasan. Namun jika anda ingin melihat langsung proses pembuatannya bisa langsung ke daerah Duko-Pamekasan. Harganya pun cukup murah, hanya dengan Rp. 5000,- anda sudah bisa menikmati krupuk raksasa dengan bahan baku tepung kanji ini.
----YOU ADS---
----YOU ADS---

Share with your friends

2 comments

  1. Emang mampu tuh kalo misalkan aku ngabisin satu krupuk tangguknya??

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bisa tuh, tapi kalau sudah seminggu gak makan..
      Kalau saya sih gak bisa ngabisin itu krupuk.

      Delete

How To Use
  • Put the link on the
  • Generate Link box with http:// or https://
  • Use  CTRL + V  on keyboard to put the link.
  • Click Generate button to get encrypted link.
  • Click Copy URL button.
  • Done